Saturday, 1 August 2009

Trik n Tips Office - Save Type

Jumpa lagi bersama para pembaca....
Malam hari yang tenang. Malam minggu tapi gak bisa keluar gara2 kemarin malam demam plus batuk. Namanya juga pancaroba plus kebanyakan minum es.

MS word office 2007 merupakan kelanjutan dari MS word 2003. Sekilas ketika kita melihat dari user interfacenya emg udah beda bgt. Oia ada yang gak paham maksudnya user interface? User interface tu adalah tampilan dari suatu program yg dilihat oleh pemakai program tersebut. Oke kembali lagi ke topik awal. Sekarang c udah banyak orang yang pake versi 2007. Jadi udah pada familiar. Tp tetep ja da yang masih ngeributin soal Save typenya. Huff.....yah namanya juga manusia. Ada yang bisa ada yang gak. Bersyukurlah bagi kamu yang paham dan bisa. Nah pada kesempatan kali ini aku coba kasih sedikit pemahaman tentang jenis save file pada office 2003 dan 2007. Meskipun tahun depan office 2010 insyaallah keluar. Tapi kan tidak ada salahnya bagi pengetahuan. Barang kali ada gunanya ntar.

Jadi gini pada versi 2003 dan ke bawah, type filenya ".doc" sedangkan pada 2007 ".docx". Ada penambahan x. File docx tdk bisa dibuka pada versi 2003 dan lower. Tetapi versi doc bisa dibuka pada versi 2007. Banyak org bingung bagamana dunk, apakah pake 2003 aja? Ya tidak. Kita tetap bisa pake 2007. Bisa dengan cara save as word 97-2003. Bisa dengan cara yang lebih mudah. Yaitu dengan mensetting defaultnya menjadi type doc. Berati tdk perlu save as dulu. Langsung save, ntar file otomatis jadi type doc. Caranya pada 2007, klik tombol office button di sebelah pojok kiri atas lalu klik tombol word options di bagian bawah.


Lalu pada word options, masuk ke tab save. Pada tab save klik tanda panah pada save files in this format. Lalu akan muncul beberapa pilihan.

Pilih yang word 97-2003 yang pake doc. Setelah itu klik ok pada bagian bawah. Maka setiap kali anda mengesave file. Tidak perlu takut akan menjadi type docx, karena default settingnya udah diubah menjadi type doc.

Bagaimana menurut Anda? Senang sekali jika anda berkenan untuk berkomentar.

1 comments:

Bpk radi said...

Buat saudara punya permasalahan ekonomi: hub aki santoro,karna saya sudah membuktikan bantuan aki santoro yang berminat,hub aki santoro di nomor 0823 1294 9955, atau KLIK DI SINI

Post a Comment

Ayo Ikutan Berkomentar Sekalian Meninggalkan Jejak