Sunday, 23 August 2009

Membuat Gambar Menembus Batas - Photoshop


Siapa diantara kalian yang tidak mengenal photoshop? Haha pertanyaan yang agak aneh. Hampir setiap pengguna PC mengenal nama photoshop. "Emang gunanya buat apa sih?" Photoshop biasanya digunakan orang awam sebagai pengedit foto. Membuat foto jadi istimewa, terlihat mustahil, keren dsb. Singkatnya seperti itulah photoshop.

Anda lihat gambar di atas kan? Gimana caranya wallpaper seorang hero bisa keluar dari laptop. Lihat tangannya udah seperti mau mukul yang punya laptop, haha. Gimana? Anda tertarik? Ikuti saja artikel ini. Akan saya sertakan sekaligus file mentahannya untuk belajar.

Silakan anda mendownload file pelajarannya di : klik ini. File tersebut berformat ".rar", jadi bisa dibuka dengan Winrar. Apabila tidak memilik winrar bisa di download di : klik winrar.
Berikut langkah - langkahnya :

1. Buka program adobe photoshop anda. Bila tidak terdapat di desktop bisa anda cari di start menu anda.

2. Buka 2 foto dari file.

Lalu klik move dan geser foto hero ke jendela foto laptop.

3. Tekan Ctrl+T untuk memilih foto hero, kemudian tekan Ctrl dan geser titik - titik kontrol untuk mengatur ukuran pada pola perspektif foto seperti pada gambar.

Tekan enter.

4. Klik Polygonal Lasso dan seleksi area foto hero bagian bawah.

Tekan Ctrl+J untuk menyalin area seleksi ke layer baru.

5. Klik ikon mata layer 2 untuk menyembunyikan dan pilih layer 1. Serta ubah Opacity ke nilai 50%.


6. Klik Polygonal Lasso dan seleksi area foto mengikuti pola garis batas monitor.

Tekan Ctrl+Shift+I untuk membalik area seleksi. Lalu pilih menu Select> Modify> Feather> untuk melembutkan area seleksi. Kemudian atur parameter sebanyak "5" dan klik OK.

7. Tekan Delete untuk menghapus area yang terseleksi. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan tampilan garis seleksi. Ubah Opacity ke nilai 100%. Klik ikon mata layer 2 untuk menampilkan kembali.

Pilih layer 2 dan ubah Opacity ke nilai 60%.

8. Klik Polygonal Lasso dan seleksi area foto mengikuti pola garis batas monitor dan tubuh hero.

Pilih menut Select> Modify> Feather, atur parameter sebanyak "2" dan Ok.

9. Tekan Ctrl+D untuk menghilangkan tampilan garis seleksi. Tekan Ctrl+E untuk menggabungkan layer 2 dan layer 1. Tekan Ctrl+J untuk menggandakan layar. Sekarang ubah mode blending dengan pilihan Multiple dengan Opacity 60%.


10. Nah inilah jadinya

Huff jadi juga kan? Jangan ragu untuk mencoba. Saya sendiri juga belum dikatakan mahir sebagai photoshoper. Semoga berhasil dan sukses. OK, senang sekali apabila anda berkenan untuk berkomentar.

2 comments:

septian angga said...

wah aq wae durung iso kie
mantapp

Gamer_GPM said...

haha yes...
langsung praktekan saja..lwt tutorial ini..
monggoh...

Post a Comment

Ayo Ikutan Berkomentar Sekalian Meninggalkan Jejak