Wednesday, 28 December 2011

Mari Kita Liat yang BB Gan! (Brambangnya Brebes)

12 comments

take photo dari dapur rumah nih, hehe
Brambang atau lebih dikenal dengan nama bawang merah merupakan sejenis tanaman yang biasa dijadikan sebagai bumbu dalam berbagai masakan. Kalau di Indonesia sendiri, biasa dipakai dalam masakan sehari-hari yang kita makan lho. Misalnya, nasi goreng, mi goreng, sauto, sambel goreng daging, sate kambing (sebagai penawar) dan masih banyak lagi. Di Jawa sendiri, brambang menjadi salah satu bumbu wajib dalam memasak. So pasti anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya brambang!
Lama tidak berjumpa lagi dengan anda di dunia blog, mungkin hampir 1 tahun saya rehat dari blog ini, miss you all my blogger friends! Dalam posting kali ini saya ingin berbagi cerita mengenai perjalanan saya ke Brebes. Brebes merupakan daerah penghasil brambang dalam skala besar. Sebelumnya mungkin kita kupas tuntas dulu ya sejarah dan profil kota brebes ini, hayukkk!




Sejarah dan Profil kota
Nama brebes berasal dari dua kata utama yaitu “Bara” dan “Basah”. Bara adalah hamparan tanah yang luas dan basah berarti banyak mengandung air. Dalam pelafalannya, kata bara sering diucapkan “bere” sedangkan basah, “besah”. Agar mudah diucapkan, maka menjadi “brebes”. Dalam bahasa jawa perkataan brebes berati tansah metu banyune yang artinya selalu keluar airnya.




brambang sama penumpangnya banyakan mana ya?

Brebes, kabupaten brebes tepatnya adalah adalah kabupaten Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Brebes memiliki wilayah seluas 1.657,73 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 1.732.719 jiwa pada tahun 2010. Brebes merupakan kabupaten dengan jumlah penduduk terbanyak di Jawa Tengah. Sebagian besar wilayahnya adalah dataran rendah. Bagian barat daya merupakan dataran tinggi (dengan puncaknya Gunung Pojoktiga dan Gunung Kumbang), sedangkan bagian tenggara terdapat pegunungan yang merupakan bagian dari Gunung Slamet.
Di pinggir jalan ada sebanyak ini! *geleng-geleng
Sumber: Wikipedia, diakses pada 25/12/2011 pukul 16.00 WIB. 


 Lanjutt....
Yak! Brebes dikenal sebagai penghasil brambang di Jawa, bahkan Indonesia! Bagi anda yang belum pernah melewati atau mampir di brebes, pasti akan takjub dengan pemandangan-pemandangan yang tidak biasa didapatkan di daerah-daerah lainnya. Pemandangan tersebut adalah brambang yang ada dimana-mana! Pemandangan tersebut bisa anda jumpai ketika melewati jalan raya utama, di pinggir jalan, bahkan di setiap warung selalu ada brambang dalam jumlah banyak yang digantung. Mungkin bagi sebagian anda akan kaget dengan memandang berdetik-detik tanpa berkedip ketika melihat pemandangan ini (ini yang terjadi pada saya, hehe!).

Jadi, brambang merupakan trademark bagi brebes. Brebes menyumbang 75% kebutuhan brambang untuk Jawa Tengah dan 23% pasokan nasional *wow! Brambang biasa dipanen ketika mencapai 50 hari. Satu kilogramnya bisa mencapai 4.500 rupiah jika kita beli langsung dari petaninya. Langsung saja deh saya share foto-foto yang sempat saya take di jalan dan di salah satu juragan brambang. Please, jangan kaget lihat jumlahnya!
Ini yang siap dijual lhoo...sekitar 70kg

Ini nih gudang salah satu juragan brambang!




Ini para buruhnya
Lautaaannn brambang!
Ini tanamannya
Satu ladang, brambang semua!


Berat banget ya pak?
Ini brambang yang sudah dipanen, sedang dikeringkan
Para petani mencari nafkah


Gimana reaksinya liat lautan brambang? takjub? kaget? atau malah tersedak?haha!
Inilah Indonesia! Indonesia kaya akan hasil alamnya. Mari kita cintai dan dukung produk dari Indonesia. Apalagi di jaman sekarang ini, dimana-mana banyak barang impor yang masuk. Mungkin saja, brambang akan diimpor. Cintai produk negeri, maka anda mencintai negeri Indonesia!
Thanks for coming to my blog,


READ MORE - Mari Kita Liat yang BB Gan! (Brambangnya Brebes)

Friday, 28 January 2011

Resep coba coba - Mie goreng laka laka

8 comments

blogger-emoticon.blogspot.com



Berapa lama ya saya tidak blogging? Wow ternyata sudah 1 semester!!
blogger-emoticon.blogspot.comKangen juga sama aktivitas yang satu ini. Liburan semester pun datang, tapi saya malah kuliah. Nah lho? Liburan kok kuliah? Maksudnya saya ambil Semester Pendek (SP) untuk perbaikan nilai, hehehehe
Yosh ! Jumpa lagi sama blog saya, welcome to artikelpedia-lakalaka.blogspot.com

Sempat bingung pada awalnya. Tidak ada bahan namun keinginan menulis eh mengetik sangat kuat. Memang betul! Sebanyak apapun bahan yang kita miliki, tetapi bila tidak ada semangat dan intention, rasanya tidak bergairah untuk blogging. Lalu kenapa saya blogging? Apa bolos SP? Bukan - bukan...SP saya setiap hari Senin sampai Rabu, sisanya bisa buat holiday,,,cihuuiiiblogger-emoticon.blogspot.com
Di minggu pertama ini saya pulang kampung, kangen juga sama Tegal,hohoho.

blogger-emoticon.blogspot.comEh sampai di rumah saya coba - coba buat mi goreng. Resep dan masaknya saya lakukan sendiri lho. Alhasil jadilah mi goreng laka-laka (Bingung mau kasih nama apaan). Saya sertakan aja deh prosedur serta screenshotnya, semoga bisa diikuti. Ingat ya, ini saya langsung buat sendiri. Jadi tidak copas dari web / blog orang lain.blogger-emoticon.blogspot.com
Monggoh kerso dipirso....

Bahan :
1. Mie telor 200 gram.
2. Bawang Putih 2.
3. Bawang Merah 4.
4. Cabe rawit 4 (tergantung selera).
5. Ebi 6 gram.
6. Saus tiram.
7. Kecap inggris.
8. Kecap ikan.
9. Kecap manis.
10. Kaldu ayam.
11. Merica bubuk.
12. Telur ayam 1 atau 2 butir.
13. Caisim sesuai selera, potong.

Bumbu dasar :
*Jangan terkecoh dengan jumlahnya ya,,,ikuti saja saran saya.

Uleg bahan no 2, 3, 4 dan 5. Untuk cabe rawit pakai sesukanya ya, inget harga cabai lagi mahal. blogger-emoticon.blogspot.comSedangkan ebi saya menggunakan penyedap rasa yang rasa ebi, mengingat persediaan ebi kosong.
Untuk kaldu ayam saya gunakan penyedap rasa rasa ayam. Campurkan penyedap rasa ayam dan merica bubuk masing - masing setengah sendok teh ke air sebanyak setengah gelas.






Langkah memasak :
*Beri minyak agar tidak lengket
1. Rebus mie telor, cukup 2 menit saja. Jangan matang - matang, nanti akan dimasak lagi. Angkat kemudian siram dengan air dingin, sampai tidak terasa panas lagi dan tiriskan. Hal ini dilakukan agar mie tidak melar saat didiamkan. Kemudian beri minyak sayur sebanyak 1 sendok makan, aduk mie. Minyak sayur digunakan sebagai pelumas agar tidak lengket.






2. Panaskan minyak.
3. Masukan telor, buat orak arik.

















4. Masukan bumbu, aduk.

















5. Masukan caisim, aduk.

















6. Masukan air yang berisi kaldu dan merica.
7. Masukan saus tiram 2 sendok makan, kecap inggris 1 sendok makan, aduk sebentar.













8. Masukan mie. Beri kecap ikan dan kecap manis secukupnya, aduk sampai rata. Usahakan pakai api besar dengan kecepatan mengaduk yang cepat agar tidak gosong.













9. Ketika sudah rata, dan rasanya sudah pas, angkat dan sajikan.











blogger-emoticon.blogspot.comSelamat mencoba ya di rumah !




READ MORE - Resep coba coba - Mie goreng laka laka

Monday, 26 July 2010

Together Ville - Social networking khusus anak

42 comments

Lagi – lagi dunia maya diramaikan dengan hebohnya social networking baru. Mungkin bagi kita itu hal yang biasa. Eitss..tapi lihat dulu dong. Yang ini berbeda. Namanya together Ville. Together Ville merupakan social networking, khusus untuk anak – anak di bawah 10 tahun! Disini mereka bisa bermain game, membuat kesenian dan berinteraksi dengan teman serta keluarga di bawah kendali orang tuanya. Jadi intinya orang tualah yang menentukan dengan siapa teman – temannya di social networking tersebut. Jika ingin meng-add teman, harus lewat persetujuan orang tuanya.
Ini nih, fitur2 together ville, kalau gak kelihatan gambarnya, di klik aja untuk memperbesar.

*Benar - benar fitur yang ditujukan pada anak under 10 tahun.
  
Ada beberapa cara Together Ville untuk membuat surfing anak tidak berbahaya :
1. Real People You Know and Trust
Select trusted Facebook friends and their kids to create your child's safe and secure online neighborhood.
2. Kid-Safe Communication
Drop-down pre-set messaging, no private chat, no uploads. Parents see all activity in real time, like Facebook.
3. Privacy
Kids are not searchable or discoverable. You choose who has access and what shows up on your Facebook Wall.
4. Parents Control Friends List
You build your kid's real world neighborhood of family and friends using Facebook.

*Bisa membuat karya seni disini, seperti desain grafis

         Yah…jika ditilik dari beberapa kejahatan yang sering terjadi sekarang ini, atau omongan2 yang tidak beraturan di facebook, sering kali berefek pada anak. Tidak hanya social networking yang perlu diawasi oleh orang tua, tetapi juga segala kegiatan di dunia maya. Diluar itu, orang tua harus sering menasihati anak untuk tidak melakukan hal – hal yang sembrono. Jika hal tersebut dapat orang tua lakukan, setidaknya anak sudah dapat berpikir mana yang baik dan yang buruk.

-------------------------------------------------##################-------------------------------------------------
         Oh iya…ni saya award dari sobat blogger, Rupiah Anda…hehe, thanks sobat atas awardnya. Maaf baru kesampaian saya ambil, soalnya bulan - bulan kemarin saya sempat vakum. ngeblog. Saya kurang ngerti, apakah bener award bisa nambah backlink? Ya sudahlah yang penting saya coba saja. Laka laka blog dapat AWARD yang Pertama dari Rupiah Anda . Selidik punya selidik ternyata award ini berhubungan dengan BACKLINK.



Berikut ini pewaris award backlink dari Rupiah Anda untuk di wariskan kepada sahabat lainnya :

         Buat sahabat yang saya sebutkan di atas, diambil ya awardnya.. Selanjutnya teman-teman yang menerima award ini harus meletakan link-link berikut ini di dalam artikel mengenai award ini :
  1. Review Bisnis Online
  2. Syahida Computer
  3. Sebuah Catatan
  4. Ek4zone
  5. Mendadak Neblog
  6. Libujen's belajar buat blog pake HP
  7. Info eTrading Securities
  8. Difference - Cah Kudus
  9. Rupiah Anda
  10. Laka Laka Blog

         Sebelum teman-teman meletakkan link-link di atas, hapus terlebih dahulu peserta nomor 1 dari daftar sehingga semua peserta naik 1 level. Peserta nomor 2 menjadi nomor 1, nomor 3 menjadi nomor 2 dan seterusnya. Kemudian masukkan link Anda sendiri dibagian paling bawah (nomor 10) Tapi ingat !!! Kalian semua harus adil dalam menjalankannya. Jika tiap penerima AWARD mampu memberikan AWARD ini kepada 5 orang saja dan mereka semua mengerjakannya, maka jumlah BACKLINK yang akan Anda dapat adalah : Ketika kamu di posisi 10, jumlah backlink = 1

#9,jumlah backlink = 5
#8,jumlah backlink = 25
#7,jumlah backlink = 125
#6,jumlah backlink = 625
#5,jumlah backlink = 3.125
#4,jumlah backlink = 15.625
#3,jumlah backlink = 78.125
#2,jumlah backlink = 390.625
#1,jumlah backlink = 1.953.125

         Dan semuanya menggunakan kata kunci yang anda inginkan dari sisi SEO (Search Engine Optimation) kamu sudah mendapatkan 1.953.125 BACKLINK dan keuntungannya blog kalian akan mendapat traffic tambahan, apalagi jika ada yang meng-klik link ke blog kalian.

Selamat ya buat para peraih Award ini :)


READ MORE - Together Ville - Social networking khusus anak

Friday, 23 July 2010

Mencoba Office 2010 - Word

37 comments
Assalamualaikum....

Pada postingan tahun kemarin saya sempat menyinggung tentang office 2010. Saat itu versi RC ( Release Candidate) dengan versi penuh belum keluar. Bila anda berkenan untuk membacanya, silahkan klik ini. Kali ini walaupun agak telat, saya telah menginstall Office 2010 Profesional Plus.hehehe.... Sudah lama sekali saya ngidam pengin nyoba office baru ini. Jika pergi ke tempat penjual kaset, lagi - lagi jatuhnya yang versi Technical Preview, wew...buat apa coba? Dengan sabar, alhasil kesampaian juga...:)

         Saya bermaksud untuk membahas dan memperkenalkan Office 2010. Melihat apa saja fitur yang baru di versi tersebut. Karena jenis program office banyak sekali, maka di posting ini saya batasi untuk membahas Word. Bagaimana dengan program office yang lain??? Bila sempat insyaallah akan saya bahas juga. Tetapi ingat, saya orang biasa, termasuk dalam ilmu komputer, jadi tidak bisa bahas semua fiturnya. Saya hanya akan bahas fitur - fitur yang baru yang akan sering dipakai oleh masyarakat.

         Sebelumnya lihat apa OS anda, dan instal dulu Office 2010-nya. Bagi anda pemilik XP SP 2, maaf sekali, karena Office 2010 tidak bisa diinstal di OS tersebut. Minimumnya adalah XP SP 3. Saya juga sempat akan menginstal di PC saya yang masih OSnya XP SP 2, alhasil muncul warning seperti berikut :

*Bisa dilihat OS yang Compatible apa saja

         Yah, tapi tidak apa - apa, kebetulan saya punya laptop dengan OS win 7 ultimate 64 bit, jadi screenshotnya akan saya ambil dari sana. Oke langsung aja deh kita tengok si office :

*Icon baru Office 2010

*Nah ini dia Splash Starting Office Word, dengan warna kuning, nice!

*Tampilannya tidak jauh berbeda dari generasi sebelumnya.

*Jika tab File di atas di klik maka akan muncul window berikut ^^.







*Di atas (KIRI) ada  fitur tambahan yaitu, glowing art yang membuat garis luar objek menyala. Sebelumnya fitur ini di 2007 hanya ada di Power point & Excel.
*Di atas (KANAN)  ada fitur tambahan, yaitu screenshot. Screenshot memudahkan kita mengambil display screen program lain yang sedang dijalankan.(Recommended dicoba!).

*Yap di cover page ini anda bisa menikmati desain baru :)















*Word Art baru. Di 2007 fitur ini hanya ada di Power Point dan Exel. Karena sekarang sudah ada di Word, menghias dokumen jadi semakin mudah !

*Nah, di Office Word 2010 ini ada tab baru yaitu add-ins. Saya kurang begitu mengerti kegunaannya, tetapi ada option bluetooth. Lihat tanda panah.

*Yap! Ada 2 fitur baru untuk memformat picture, Yaitu, Remove Background dan Artistic Effects.

*Berikut bisa anda lihat menggunakan fitur remove background. Dan hasilnya bisa anda bedakan dengan picture sebelumnya di atas.

*Fitur Artistic Effect, menawarkan beberapa macam efek. Saya menggunakan efek pencil grayscale, ya jadinya seperti di atas. (Recommended dicoba!)

         Segitu dulu saja ya. Jangan lupa coba install Office 2010 ini, masih banyak fitur lain yang menanti anda! hehe..Sampai jumpa di  Postingan berikutnya!


READ MORE - Mencoba Office 2010 - Word
older post